Entri Populer

Jumat, 26 November 2010

Cara Bikin Pedang zanpaku

Salah satu minat saya adalah pedang Jepang (dan senjata terkait) dan ketika aku sudah terbiasa melakukan beberapa DIY dengan besi dan kayu, saya telah membuat beberapa katana's, naginata dan Yari's, selama bertahun-tahun terakhir, dan ketika orang melihat hasil saya tindakan DIY, saya sering mendapat pertanyaan "bagaimana anda membuat itu?", itu sebabnya aku sudah menulis ini sedikit petunjuk tentang cara membuat katana sendiri.
As working with tools isn't without any risk, the following isn't meant for those who are just beginning with DIY. Seperti bekerja dengan alat ini bukan tanpa resiko apapun, berikut ini tidak dimaksudkan bagi mereka yang baru mulai dengan DIY.
The following picture shows most of the tools I use. Gambar berikut menunjukkan sebagian besar tools yang saya gunakan.

The Blade . Blade tersebut.

I take a metal plate (a piece of 1 meter length, approximately 7 cm wide and minimal 5 mm thick) and spray it with trace lacquer. Saya mengambil pelat logam (sepotong panjang 1 meter, sekitar 7 cm dan tebal minimal 5 mm) dan semprot dengan jejak lacquer. When the trace lacquer has dried I draw/scratch the outline of the katana, the first time I took my iaito apart and used the iaito blade as a template. Ketika pernis jejak telah kering saya menggambar / menggores garis besar katana, pertama kali saya mengambil iaito saya terpisah dan menggunakan pisau iaito sebagai template.
If it looks fine, I use an angle grinder with a cutting disk to roughly cut out the shape of the metal plate. Jika terlihat baik-baik, saya menggunakan penggiling sudut dengan piringan pemotong untuk memotong secara kasar bentuk dari pelat logam. After that I use an abrasive grinding disk to grind it down to the markings. Setelah itu saya menggunakan disk grinding abrasive untuk menggilingnya ke tanda-tanda. For the last part I'm using a hand file. Untuk bagian terakhir saya menggunakan file tangan. If the outline isn't done correctly, and not fluent you can get a “wavy” cutting edge after filing down the sides. Jika garis tersebut tidak dilakukan dengan benar, dan tidak lancar anda bisa mendapatkan "bergelombang" terdepan setelah pengajuan bawah pihak.
When the outline shape has been finished (and I'm pleased about it), I spray trace lacquer on both sides of the blade. Ketika bentuk garis telah selesai (dan saya senang tentang itu), aku semprot menelusuri lak di kedua sisi pisau. As soon as the lacquer has dried I draw the desired shinogi line, and the “cutting edge” using a pair of compasses. Begitu lacquer telah kering saya menarik garis shinogi yang diinginkan, dan "canggih" menggunakan sepasang kompas. For the cutting edge I draw a line through the middle (lengthwise). Untuk canggih saya menarik garis melalui tengah (memanjang).
After that I use the grinder (with the abrasive grinding disk) to grind down the cutting edge. Setelah itu saya menggunakan grinder (dengan disk grinding abrasive) untuk menggiling menuruni terdepan. For the last part I use sanding disks, grid 60 to 180. Untuk bagian terakhir saya menggunakan pengamplasan disk, grid 60-180. (With a rubber backing pad) (Dengan pad karet backing)
As soon as one side is equally diagonal I use my angle grinder to do the same with the other side. Begitu satu sisi sama diagonal saya menggunakan penggiling sudut saya untuk melakukan hal yang sama dengan pihak lain. I will be doing this until an edge of approximately 1mm thick remains. Saya akan melakukan ini sampai tepi sekitar 1mm masih tebal. When the edge is 1mm thick I proceed with a hand file, to prevent grinding it down to much. Ketika tepi adalah tebal 1mm saya melanjutkan dengan file tangan, untuk mencegah menggilasnya ke banyak. If you grind beyond the drawn line and you look down the cutting edge you will see that the cutting edge is undulating instead of a nice straight line. Jika Anda menggiling luar garis yang ditarik dan Anda melihat ke bawah ujung tombak Anda akan melihat bahwa ujung tombak adalah bergelombang dan bukan garis lurus yang bagus.
Making a habaki is an art in itself, I've tried several times to make one but the result always was a pile of molted copper, therefore I grind the Habaki into the blade. Membuat habaki adalah suatu seni itu sendiri, saya sudah mencoba beberapa kali untuk membuat satu tapi hasilnya selalu ada tumpukan tembaga molting, karena itu saya menggiling Habaki ke pisau. (pic's.6 and 7) , just like the knife makers do (called a ricasso). (Pic's 0,6 dan 7), seperti para pembuat pisau lakukan (disebut ricasso a).
When this is finished and the result is satisfying, I will make the tsuba, tsuka and the saya. Ketika ini selesai dan hasilnya adalah memuaskan, saya akan membuat Tsuba, tsuka dan Saya tersebut. For the form of the tsuba you can chose whatever you like. Untuk bentuk Tsuba Anda dapat memilih apa pun yang Anda suka. there are more then enough examples available on the internet ada lebih dari cukup contoh tersedia di internet

I use the following procedure for making a tsuba: Saya menggunakan prosedur berikut untuk membuat sebuah Tsuba:

I take a piece of a metal plate (5 mm.) and draw the desired model on it. Aku mengambil sepotong pelat logam (5 mm.) Dan menggambar model yang diinginkan di atasnya. After this I drill holes were I want to remove metal. Setelah ini saya lubang bor yang saya ingin menghapus logam. (for example the nakago-ana). (Misalnya ana-nakago). When the holes have been drilled I use locksmith files to make the openings in the desired shape. Bila lubang yang telah dibor saya gunakan file tukang kunci untuk membuat bukaan dalam bentuk yang diinginkan. The last step is filling the outer limits of the tsuba. Langkah terakhir adalah mengisi batas luar Tsuba tersebut. As far as final finish is concerned, there are several options, for instance: One could polish the tsuba, or polish the tsuba and heat the tsuba with a blowtorch; the metal will turn blue, or pound it with a hammer for an irregular pattern (combat tsuba) Sejauh selesai akhir yang bersangkutan, ada beberapa pilihan, misalnya: Satu bisa Polish Tsuba, atau memoles dan panas Tsuba Tsuba dengan obor, logam akan berwarna biru, atau pon dengan palu untuk pola yang tidak teratur (Tsuba tempur)

Tsuka and Saya Tsuka dan Saya

After I finished the tsuba I draw the outline of the nakago for the tsuka. Setelah saya selesai Tsuba, aku menarik garis besar nakago untuk tsuka tersebut. (take the thickness of the tsuba into account). (Mengambil ketebalan Tsuba ke dalam rekening). When drawing the inside of the saya and tsuka, don't forget to mirror it. Ketika menggambar bagian dalam Saya dan tsuka, jangan lupa untuk cermin itu.
when this is done I use a milling machine or a chisel to cut out the desired form. ketika hal ini dilakukan saya menggunakan mesin penggilingan atau pahat untuk memotong bentuk yang diinginkan. I drill a small hole (or two) on one side to indicate the place where the mekugi will be placed before gluing the two parts of the tsuka together Aku mengebor sebuah lubang kecil (atau dua) di satu sisi untuk menunjukkan tempat mekugi akan ditempatkan sebelum mengelem kedua bagian tsuka bersama-sama
As soon as the tsuka is glued and grinded in the desired shape I fit it on to the blade and check if everything is nice and straight, I put the tsuba and the tsuka on de nakago as tight as possible and drill through the wood and the iron (this time the hole should have the right size for the mekugi. If I make the mekugi ana in the nakago 5 mm., than the hole at the ura side is 4,5 mm. and the hole on the omote side I make 5,5 or 6 mm. (the mekugi will taper from 4,5 to 6 mm.) Begitu tsuka yang terpaku dan dihaluskan dalam bentuk yang diinginkan itu saya cocok ke blade dan memeriksa apakah semuanya baik dan lurus, saya meletakkan Tsuba dan tsuka pada de nakago seketat mungkin dan bor melalui kayu dan besi (lubang kali ini harus memiliki ukuran yang tepat untuk mekugi itu. Jika saya membuat ana mekugi di nakago 5 mm., dari lubang di sisi ura adalah 4,5 mm dan lubang di sisi omote saya buat. 5,5 atau 6 mm. (mekugi akan lancip dari 4,5 sampai 6 mm.)
As a mekugi is thicker on the ura side and smaller on the omote side, I have to drill the hole on the omote side a bit wider. Sebagai mekugi adalah tebal di sisi ura dan lebih kecil di sisi omote, saya harus bor lubang di sisi omote sedikit lebih lebar. If you carry the sword with the edge up, than the thickest part of the mekugi has to be on the side (ura) of your body Jika Anda membawa pedang dengan ujung ke atas, dari bagian paling tebal mekugi harus berada di samping (ura) dari tubuh Anda
The same procedure can be used for the production of the saya, the only difference will be the depth of the groove in which the blade has to fit, this is necessary because the blade may not touch the inner side of the saya. Prosedur yang sama dapat digunakan untuk produksi otonashi, perbedaan hanya akan kedalaman alur di mana pisau harus fit, ini diperlukan karena pisau mungkin tidak menyentuh bagian dalam otonashi tersebut. (if the blade is 5 mm. thick, mill a depth of 3 mm. in both sides) Because I use a ricasso instead of a habaki, I mill the opening (koi guchi) of the saya not deeper then 2 mm. (Jika pisau adalah 5 mm tebal, pabrik kedalaman 3 mm.. Di kedua sisi) Karena saya menggunakan ricasso, bukan habaki, saya pabrik pembukaan (koi guchi) dari otonashi tidak lebih dari 2 mm. (over a length of 3 cm) Later I will grind this area by hand to the proper depth to get a perfect fit for the blade. (Lebih panjang 3 cm) Nanti aku akan menggiling daerah ini dengan tangan untuk kedalaman yang tepat untuk mendapatkan cocok sempurna untuk pisau.
When both sides are milled out, I draw the outline of the saya on one half and cut it out with a jigsaw. Ketika kedua belah pihak giling keluar, saya menarik garis besar otonashi pada satu setengah dan hentikan itu dengan gergaji ukir.
I leave the other half of the saya as it is. Aku meninggalkan setengah lainnya otonashi seperti itu.
Before gluing both saya parts together, I try to slide the blade in the saya, if the blade doesn't slide into the saya smoothly; it is still possible to correct the groove. Sebelum mengelem kedua bagian otonashi bersama-sama, saya mencoba untuk geser pisau di otonashi, jika pisau tidak meluncur ke otonashi dengan mulus, tetapi masih mungkin untuk memperbaiki alur.
The next step will be to glue the parts together, remove the excessive glue in the saya with a piece of wire. Langkah selanjutnya adalah lem bagian-bagian bersama-sama, menghapus lem berlebihan dalam otonashi dengan sepotong kawat. If the glue stays in the saya and hardens, it can make scratches on the blade. Jika lem tetap dalam Saya dan mengeras, bisa membuat goresan pada pisau. After this I grind the saya in the shape I desire Setelah ini saya menggiling otonashi dalam bentuk yang saya inginkan
If you like, you could make a koiguchi/kojiri, fuchi/kashira from an other kind of wood or horn. Jika Anda suka, Anda bisa membuat koiguchi / kojiri, Fuchi / kashira dari jenis lain dari kayu atau tanduk.

Polishing Poles

If everything is ok, it's time to polish the blade. Jika semuanya ok, saatnya untuk memoles pisau. It's advisable to wear leather gloves and use a piece of metal or wood to support the sanding paper. Ini dianjurkan untuk memakai sarung tangan kulit dan menggunakan sepotong logam atau kayu untuk mendukung kertas pengamplasan. I start with grid 120 until al the marks from the angle grinder are gone. Saya mulai dengan grid 120 sampai al tanda dari sudut penggiling hilang. After that I increase the grid from 240, 320, 400, 600, etc. To check if the blade is without any dents I use a chunk of wood (10/15 cm long) on which I nailed a piece of sanding paper. Setelah itu saya meningkatkan grid dari 240,, 320 400, 600, dll Untuk memeriksa apakah pisau tersebut tanpa penyok saya menggunakan sepotong kayu (10/15 cm) yang saya memakukan selembar kertas pengamplasan. (the sanding paper attached with small nails on (Kertas pengamplasan dilampirkan dengan paku kecil
both sides of the wood) and sand lengthwise, through the difference in color it is possible to see if there are any dents in the blade. kedua sisi dari kayu) dan memanjang pasir, melalui perbedaan warna adalah mungkin untuk melihat apakah ada penyok di pisau. The best way to see if the polishing goes well is to sand in a different direction with every new grid, for example: grid 240 will be used diagonal; grid 320 will be used lengthwise. Cara terbaik untuk melihat apakah memoles berjalan lancar adalah pasir dalam arah yang berbeda dengan setiap grid baru, misalnya: 240 grid akan digunakan diagonal; grid 320 akan digunakan memanjang. use grid 240 until the marks of the previous grid (120) are gone. menggunakan grid 240 hingga tanda-tanda grid sebelumnya (120) hilang.
The blade in picture 14 has been polished with grid 240, the marks of the angle grinder are gone. Pisau dalam gambar 14 telah dipoles dengan grid 240, tanda dari sudut penggiling hilang.
The blade in picture 15 has (after using several grids) been polished with grid 1200. Pisau pada gambar 15 memiliki (setelah menggunakan beberapa grid) telah dipoles dengan grid 1200. After that the blade has been polished with a polishing machine and polishing wax. Setelah itu pisau telah dipoles dengan mesin pemoles dan lilin polishing.

The Hamon. Hamon itu.

Now it's time to make an artificial hamon on the blade. Sekarang saatnya untuk membuat Hamon buatan di pisau. There are probably much more ways of making a hamon, but I tried the following: Ada banyak cara yang mungkin jauh lebih membuat Hamon, tapi saya mencoba hal berikut:
1ste : Take a piece of Crepe tape, approximately 10cm. 1ste: Ambil sepotong tape Crepe, sekitar 10cm. Cut a wave pattern in it and stick it onto your blade. Potong pola gelombang di dalamnya dan tongkat itu ke pisau Anda. Keep doing this in the length of the blade, until both sides of the blade are done. Terus melakukan hal ini dalam panjang pisau, sampai kedua sisi pisau dilakukan.
After this use a piece of sanding paper (grid 240) and start sanding the part of the blade without Setelah penggunaan ini sepotong kertas pengamplasan (grid 240) dan mulai pengamplasan bagian dari pisau tanpa
When you are finished with this, use a Scotchbrite (ultra fine) sanding pad. Ketika Anda selesai dengan ini, gunakan pad (ultra halus) scotchbrite pengamplasan. the sanding marks of the grid 240 will get smoother and along the border of the tape you get a fine line, a kind of artificial nioi. tanda pengamplasan dari grid 240 akan semakin mulus dan sepanjang perbatasan tape Anda mendapatkan garis halus, semacam nioi buatan.
Clean the blade thoroughly and oil it to prevent the blade from rust. Bersihkan pisau dan minyak secara menyeluruh untuk mencegah pisau dari karat.
2nd : Using ferric-chloride to etch a hamon on the blade. 2: Menggunakan besi-chloride untuk etch sebuah Hamon pada pisau. You carefully apply the ferric-chloride to the edge of the blade with some cotton wool. Anda hati-hati menerapkan klorida-besi ke tepi pisau dengan beberapa wol kapas. Wait a while, than neutralize is with soda and clean the blade with water. Tunggu beberapa saat, dari menetralisir adalah dengan soda dan bersihkan pisau dengan air. It's difficult to get a nice and straight hamon with this method (I wasn't too happy with the results). Sulit untuk mendapatkan Hamon bagus dan lurus dengan metode ini (saya tidak terlalu senang dengan hasil).
3 rd : option is a combination of both methods, to get a less aggressive result it is possible to water down the ferric –chloride. 3 rd: Pilihan adalah kombinasi dari kedua metode, untuk mendapatkan hasil yang kurang agresif adalah mungkin untuk mempermudah klorida-besi. I achieve the best result with the first option. Aku mencapai hasil yang terbaik dengan pilihan pertama. A real hamon would be the ultimate option but I don't have a forge to experiment, so this is the best option for me. Sebuah Hamon riil akan menjadi pilihan utama, tapi saya tidak memiliki menempa untuk percobaan, jadi ini merupakan pilihan terbaik bagi saya.

Almost done. Hampir selesai.

As most swords I produce are for display purposes, and not for cutting exercises the mekugi are made from chop sticks. Seperti pedang paling saya menghasilkan adalah untuk tujuan tampilan, dan tidak untuk memotong latihan mekugi terbuat dari memotong tongkat. The swords, naginata and yari that will be used for demonstrations etc are glued together with 2 component epoxy glue. Pedang, naginata dan Yari yang akan digunakan untuk demonstrasi dll direkatkan dengan lem 2 komponen epoxy. Also the tsuka will be assembled with (2) 5 mm RVS bolts and nuts. Tsuka juga akan dirakit dengan (2) 5 mm RVS baut dan mur.
You can finish the wood any way you want. Anda dapat menyelesaikan kayu cara apapun yang Anda inginkan. (Spray it in a color, use teak oil) and then assemble it. (Spray dalam minyak, menggunakan warna jati) dan kemudian merakit itu. The sword in picture 18 has been done with linseed oil. Pedang pada gambar 18 telah dilakukan dengan minyak biji rami. This gives a soft glare and the structure of the wood stays. Hal ini memberikan silau lembut dan struktur tetap kayu.
Or like in picture 19) the finish has been done in soft matt lacquer. Atau seperti pada gambar 19) menyelesaikan telah dilakukan di lacquer matt lembut.
high gloss lacquer (picture20). tinggi gloss Lak (picture20).
The nicest thing of making your own katana is that you can do it without any limitations, except those of your own imagination. Hal terbaik untuk membuat katana sendiri adalah bahwa Anda dapat melakukannya tanpa batasan, kecuali orang-orang dari imajinasi Anda sendiri.
I hope that whoever tries to make a katana, enjoys it as much as I do. Saya berharap bahwa siapa pun yang mencoba untuk membuat sebuah katana, menikmati sebanyak yang saya lakukan. I also hope that this manual can be useful for anyone who wants to try it. Saya juga berharap bahwa pedoman ini dapat berguna bagi siapa saja yang ingin mencobanya. As mentioned before it is also possible to make a naginata, tanto or any other kind of knife in the same way. Seperti yang disebutkan sebelum ini juga memungkinkan untuk membuat naginata, tanto atau jenis lain pisau dengan cara yang sama. I am well aware that you can't make a ” real ” katana, wakizashi, tanto or naginata etc. in this way, but to me it is a hobby that I try to do with the tools I have and the materials I can lay my hands on. Saya juga menyadari bahwa Anda tidak dapat membuat "nyata" katana, wakizashi, tanto atau naginata dll dengan cara ini, tetapi bagi saya itu adalah hobi yang saya coba lakukan dengan alat yang saya miliki dan bahan yang saya dapat meletakkan saya tangan. Most of the materials I use are left-over's, a kind of recycling or “Japanese junkyard weaponry” could be a better expression. Sebagian besar bahan yang saya gunakan adalah kiri atas itu, semacam daur ulang atau "persenjataan tempat barang rongsokan Jepang" bisa menjadi ekspresi yang lebih baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar