Entri Populer

Jumat, 26 November 2010

cara bikin kostum kamen rider

Belakangan ini acara cosplay (costume player), tampil bergaya ala karakter favorit mulai marak diadakan di kota-kota besar seperti Jakarta, Bandung, dan Surabaya. Dan karena fans-nya yang juga semakin besar, biasanya disediakan kategori sendiri untuk Tokusatsu. Tapi sayangnya untuk kategori ini pesertanya jauh lebih sedikit jika dibandingkan dengan anime atau game. Ya tentu saja, hal yang sangat wajar mengingat karakter Tokusatsu itu kebanyakan full armor, tertutup dari ujung rambut sampai kaki, mengenakan helm, armor, ikat pinggang khusus, senjata, sarung tangan dan sepatu boot yang membuatnya tidak semudah menjahit kain, mendandani muka, atau mewarnai rambut. Karena membuat kostum Tokusatsu itu memang susah. Beberapa yang tampil biasanya cukup puas dengan aksesoris mainan yang dijual di toko mainan, kaos sablonan, atau topeng karton. Tapi itu ga’mungkin bisa bersaing dan masih jauh kalau mau disebut cosplay yg sesungguhnya. Nah, kebetulan teman di Jepang yang sudah biasa membuat kostum untuk cosplay bersedia membagikan tipsnya untuk kita. Kostum yang ditampilkan adalah Kostum Kamen Rider Blade. Kostum yang paling rumit jika dibandingkan dengan Kamen Rider sebelumnya seperti Faiz, Ryuki, Agito dan Kuuga. Jadi kalau kalian sudah menguasai ini, secara teknis tidak akan menemui kesulitan lagi dalam membuat kostum Tokusatsu lainnya.

Pertama kembali diingatkan kalau membuat kostum Tokusatsu itu SUSAH, jadi buatlah kostum karakter yang paling kalian suka, agar kalian bisa terus semangat dan pantang menyerah dalam mengerjakannya. Untuk seorang yang sudah biasa dan terhitung jago saja butuh waktu sekitar lima bulan, tapi itu dikerjakan sangat santai di waktu senggang. Kalau kalian serius, mungkin dua sudah bulan bisa selesai. Haha, tetap masih lama juga ya…

Bahan2x (beli):
- Busa Hati
- Butiran Alumunium
- Cat Semprot Hitam
- Kain Spandex
- Kancing
- Karton
- Kelereng Hijau
- Kertas Gambar Kotak-kotak
- Kulit Sintetis
- Lakban/ Selotip
- Lem Plastik/ Power Glue
- Paku Payung
- Racikan Silicon Rubber
- Retsleting
- Stiker Silver
- Stiker Merah
- Stiker Emas
- Tali Karet
- Urethane Cair

Wajib punya (beli atau pinjam):
- Big Size Soft Figure
- Clay (tanah liat)
- DX Blaybuckle (belt)
- DX Blayrouzer (pedang)
- DX Rouze Absorber
- Lego atau alas untuk mencetak.
- Mannequin badan
- Penggaris
- Sepatu bekas
- Spidol



Baiklah, tahap pertama adalah menemukan detail dari kostum karakter. Maksudnya apa di kostum yg kita buat itu terdapat ornamen-ornamen kecil tapi penting yang harus kita siapkan lebih dulu, dan apa ornamen itu bisa dibeli jadi atau harus dibuat sendiri. Penting juga untuk kalian memiliki mainannya dalam ukuran besar seperti Big Size Soft Figure yang tingginya hampir 40cm sebagai bahan acuan. Untuk Kamen Rider Blade bagian detail itu ada pada tonjolan-tonjolan di gelang yang terdapat di gelang-gelang kaki dan tangan. Mungkin sulit kalau kita mencari kancing dengan bentuk dan warna yang sama persis, untuk itu kita mengakalinya dengan menggunakan kancing biasa ditambah kepala paku payung di bagian atas. Caranya dengan melubangi bagian tengah kancing agar jarum paku payung bisa masuk, kemudian menekuk ujungnya agar paku tidak lepas. Atau bisa menggunakan cara lain dengan langsung memotong jarum paku payung dan menempel kepalanya ke kancing. Setidaknya dibutuhkan 70 sampai 100 kancing dan paku payung, atau mungkin lebih tergantung ukuran gelang-gelangnya. Tonjolan ini nanti ada yang berwarna biru dan emas. Yang berwarna emas digunakan untuk tonjolan-tonjolan di gelang tangan yang berwarna emas.
(Gambar pin01 s/d pin03)

Blade punya logo-logo kecil di gelang-gelang, tempat pedang, dan sepatunya. Untuk itu kita juga harus membuatnya. Dimulai dengan membuat gambarnya dalam tiga ukuran yang berbeda, 3cm, 4cm, dan 6cm. Setelah itu dibuat masternya dari bahan apa saja yang bisa kita temui di rumah, yang penting bisa mulus dan padat. Bahan seperti clay atau tanah liat bisa digunakan karena sifatnya yang mudah dibentuk, setelah itu baru diperbanyak dengan silicon rubber. Dua untuk leher, delapan untuk gelang-gelang, empat untuk sepatu, dan satu untuk tempat pedang. Pelajari cara meraciknya, komposisi katalis dan bahan yang akan digunakan, foam atau plastik.
(Gambar mark01 s/d mark05)

Setelah itu kita membuat pola-pola kartu yang terdapat di tangan dan kaki Blade, juga gelang, pelindung dengkul, dan motif untuk ikat pinggang. Pola-pola itu digunakan untuk memotong polycarbon atau busa hati ke ukuran yang tepat. Kita menggunakan busa hati dengan ketebalan 3mm kemudian dilapis stiker warna silver. Tapi untuk beberapa bagian, seperti pola kartu untuk ikat pinggang dan tangan serta kaki, kita harus melapisinya dulu dengan potongan karton agar bisa lebih tebal di bagian pinggirnya, baru kemudian dilapis warna silver. Di bagian ini juga dibutuhkan pengecatan khusus, untuk itu bagian-bagian pinggir ditutup dulu agar terlindung dari cat. Setelah semua beres, di setiap sudutnya di tempel butiran metal kecil ukuran 3mm.
(Gambar p01 s/d p07)

Sekarang kita masuk ke bagian yang penting dan sulit. Tapi dengan cara-cara yang sudah dijelaskan di atas, pasti kalian sudah bisa membayangkan bagaimana membuat helm dan armor. Caranya hampir sama, dimulai dengan membuat pola, bedanya kali ini kita harus menyusun pola itu menjadi bentuk nyata tiga dimensi. Untuk itu kita butuh dummy atau mannequin badan, juga kepala patung sebagai alat bantu. Kertas-kertas itu kita potong dan tempel ke mannequin. Awalnya mungkin cuma tempelan-tempelan kasar, tapi berikutnya lekukan-lekukannya bisa kita perhalus dan disesuaikan dengan proporsi armor aslinya. Cara yang sama juga digunakan untuk membuat helm. Bedanya untuk helm ini harus lebih mirip, jadi potongan-potongannya harus lebih rapi. Pola-pola yang berbentuk tiga dimensi itu kita kunci dengan lakban, kemudian kita potong, cabut dari mannequin, dan kita gunakan untuk memotong busa hati ke ukuran yang tepat. Proses tadi harus diperhatikan dengan baik, karena berpengaruh ke bentuk lekukan-lekukan armor. Untuk armor ini digunakan busa hati dengan ketebalan 5mm atau dilapis secukupnya. Proses selanjutnya tinggal dilapis stiker warna silver.
(Gambar arm01 s/d arm12)

Kemudian kita beralih ke bagian mata. Proses ini lumayan butuh tingkat keahlian khusus. Karena kita akan membuat matanya dari nol, mengingat sulit sekali menemukan (kaca) plastik dengan tingkat kelengkungan yang sama seperti mata Blade. Tapi kalau kalian bisa menemukannya, itu jelas lebih baik. Kalau tidak, kita mulai dengan membuat cetakan matanya sesuai ukuran yg kita butuhkan. Gunakan resin bening yang sudah diberi pewarna merah untuk membuat matanya, setelah itu cari kasa berlubang untuk lapisan bagian dalam.
(Gambar arm13 s/d arm15)

Setelah itu kita kembali menyempurnakan bentuk helm. Potongan-potongan pola yang tidak tepat mengakibatkan bentuk yang tidak sesuai. Kalau sudah begitu kita harus mengulangnya lagi. Dan dengan bantuan kepala patung, kita bisa menempatkan di mana posisi mata yang tepat, hidung, kening, dan seterusnya. Penggunaan busa hati memudahkan kita dalam memahat, melapis, dan membentuk helm ini sesuai keinginan. Setelah bentuknya sesuai kita tinggal melapisinya dengan warna, menempel gundu hijau, dan tentu saja mata. Jangan lupa menentukan bukaan helm dan lubang untuk bernafas untuk kenyamanan dan supaya mata tidak cepat berembun.
(Gambar arm16 s/d arm24)

Sekarang kita beralih ke bagian sulit berikutnya, tapi kalau kalian sudah berhasil melalui proses sebelumnya, proses yang berikutnya ini cukup mudah, yaitu memodifikasi ikat pinggang dan pedang Blade. Mau tidak mau, suka ngga’suka, proses ini dimulai dengan mempreteli DX Blaybuckle dan DX Blay Rouzer yang sudah kita beli cukup mahal. Tapi kalau kalian sudah cukup puas dengan bentuk dan ukuran belt atau pedang mainan itu, proses ini bisa dilewati. Tapi kalau belum, kita lanjut~! Untuk modifikasi belt, pertama kita harus melepas tali ikat pinggang yang sempit dan terbuat dari plastik itu. Kemudian kita ganti logonya yang terlihat murahan dengan logo yang lebih berbobot. Proses pembuatan ikat pinggang sama seperti kita membuat pola kartu pelindung yang terdapat pada tangan dan kaki Blade. Kita memotong pola, kita pindahkan pada busa hati, dilapis karton pada bagian pinggir, dilapis stiker warna merah, ditutup bagian pinggirnya, diberikan efek warna, penutup dilepas, baru kemudian dirangkai membentuk ikat pinggang. Gunakan bagian plastik dari ikat pinggang mainan untuk menghubungkan buckle (bagian tengah) ke ikat pinggangnya.
(Gambar b01 s/d b08)

Untuk memodifikasi pedang, dimulai dengan membuat gambar pedang dengan panjang yang kita inginkan dengan menyesuaikan bentuk mainannya. Setelah itu, beberapa bagian seperti karet abu-abu yang terdapat di pinggiran pedang atau bagian berbentuk sekop di samping pedang, bisa kita buang, karena nantinya akan diganti dengan busa hati. Berikutanya kita membuat pola ukiran baru untuk pedang ini. Ukiran yang sudah kita pindahkan ke karton selanjutnya kita tempel ke busa hati. Proses selanjutnya sama seperti yang sudah-sudah. Memindahkan pola, menebalkan, melapis dengan warna, dan merekatkan. Yang perlu diperhatikan dalam modifikasi pedang ini adalah ketika bagian sekop di samping pedang dipotong, speaker di dalam harus dipindah juga. Dan agar panjang pedang tidak mengganggu, gunakan ujung pedang kecil dari mainan, yang bisa dicopot, sebagai penyambung ujung pedang yang baru ke bagian tengah pedang.
(Gambar s01 s/d s08)

Selanjutnya biar peralatan modifikasi itu bisa lebih mantap, kita lengkapi juga dengan kartu-kartu dengan barcode yang sebenarnya. Listnya bisa dilihat di http://mediatex.com/edogawa/card3.htm. Pastikan ukuran dan penempatannya sudah tepat. Dan bagi kalian yang memiliki DX Rouze Absorber, jangan lupa untuk merekatkannya ke pola kartu yang terdapat di tangan kanan. Kalau kalian merasa versi mainan itu terlalu berat, bagian dalamnya bisa dibuang. Tapi tentu saja saya tidak menyarankan. Akhirnya selesai modifikasi untuk gadget Kamen Rider Blade.
(Gambar fin01 s/d fin03)

Armor sudah, peralatan sudah, bagian yang kecil-kecil sudah, sekarang kita beralih ke kostum dalam Kamen Rider Blade. Untuk itu kita menggunakan bahan yang sama seperti bahan jok motor. Kalian bisa hunting ke toko bahan untuk mencari bahan ini. Kalau tidak menemukannya, bahan lain juga boleh, asalkan tampak seperti kulit. Tapi jangan terlalu tebal agar mudah menjahitnya. Karena tidak ada potongan yang spesial, kecuali untuk ujung kaki dan tangan yang dibuat berulir, bahan kulit sintetis ini cukup dipotong ukuran baju tangan panjang dan celana panjang yang mejadi satu, dengan retsleting di bagian belakang. Kalau tidak bisa mengerjakannya sendiri, kita bisa minta tolong tukang jahit untuk membuatkannya sesuai dengan ukuran badan kita. Yang perlu diperhatikan adalah bagian ujung kaki dan tangan juga harus memakai retsleting agar mudah memakainya, juga jangan lupa tali karet yang nantinya disangkutkan ke pergelangan kaki dan tangan agar jatuhnya kostum bisa tetap bagus. Tambahan lainnya untuk kostum adalah penutup kepala dari bahan spandex yang menyambung sampai ke leher dan dada yang dikaitkan dengan tali karet ke pangkal lengan.
(Gambar k1 s/d k3)

Sekarang kita masuk ke bagian akhir. Pembuatan sarung tangan dan sepatu. Untuk sarung tangan, beli saja sarung tangan murah dengan warna cerah yang pas dengan ukuran tangan kita. Kemudian kita coret-coret dengan pola-pola yang terdapat pada tangan Blade. Sarung tangan murah itu kemudian kita potong sesuai jahitan, potongan itu kita pindahkan ke kain. Kita buat dulu tonjolan-tonjolannya dari busa hati, dilapis kain, dan dijahit ke kain utama. Setelah jadi baru dipasangkan dengan gelang. Jangan lupa gunakan retsleting atau prepet untuk mengancing atau membuka-tutup sarung tangan ini. Untuk sepatu, gunakan pola yang ada untuk membuat sepatu boot. Kemudian tambahkan ornamen-ornamen seperti yang ada di sepatu Blade. Caranya sama, buat pola, pindahkan ke busa hati, lapis warna, dan tempel.
(Gambar st01 s/d st03 & sp01 s/d sp03)

Akhirnya semua selesai. Kostum siap digunakan dan acara cosplay bisa kalian menangkan. Cuma butuh kesabaran dan ketekunan kalian bisa beraksi seperti jagoan pujaan. Ayo tunggu apalagi, langsung cari tau di mana bisa memperoleh bahan-bahannya di sekitar tempat tinggalmu~!
(Gambar blade01 s/d blade03)





pin01.jpg
  




pin02.jpg
  




pin03.jpg
  




mark01.jpg
  




mark02.jpg
  




mark03.jpg
  




mark04.jpg
  




mark05.jpg
  




p01.jpg
  




p02.jpg
  




p03.jpg
  




p04.jpg
  




p05.jpg
  




p06.jpg
  




p07.jpg
  




arm01.jpg
  




arm02.jpg
 2 Comments 




arm03.jpg
  




arm04.jpg
  




arm05.jpg
  




arm06.jpg
  




arm07.jpg
  




arm08.jpg
  




arm09.jpg
  




arm10.jpg
  




arm11.jpg
  




arm12.jpg
  




arm13.jpg
  




arm14.jpg
  




arm15.jpg
  




arm16.jpg
  




arm17.jpg
  




arm18.jpg
  




arm19.jpg
  




arm20.jpg
 1 Comment 




arm21.jpg
  




arm22.jpg
  




arm23.jpg
  




arm24.jpg
  




b01.jpg
  




b01b.jpg
  




b02.jpg
  




b03.jpg
  




b04.jpg
  




b05.jpg
  




b06.jpg
  




b07.jpg
  




b08.jpg
  




s01.jpg
  




s02.jpg
  




s03.jpg
  




s04.jpg
  




s05.jpg
  




s06.jpg
  




s07.jpg
  




s08.jpg
  




fin01.jpg
  




fin02.jpg
  




fin03.jpg
  




k1.jpg
  




k2.jpg
  




k3.jpg
 1 Comment 




st01.jpg
  




st02.jpg
  




st03.jpg
  




sp01.jpg
  




sp02.jpg
  




sp03.jpg
  




blade01.jpg
  




blade02.jpg
  




IMG_7300.jpg
  




IMG_7288.jpg
  




blade03.jpg
  




CIMG0216.jpg
  




2005.3.5.jpg
  




blade04
  




bureido2.jpg
  




IMG_6918.jpg
 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar